Kanker Sembuh Dengan Ketofastosis

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Sel abnormal tersebut terus membelah diri beranak pinak tidak terkendali. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Apa ciri ciri sel kanker itu? Ciri ciri sel kanker adalah

1. Selalu berproliferasi atau membelah diri beranak pinak

2. Mampu menghindari dari sel Imun

3. Menghindari Penahan pertumbuhan sel

4. Mampu mngembang replikasi tanpa batas. Ibaratnya memeiliki kemampuan menjadi sel yang tidak bisa mati

5.bisa bertindak sebagai sel yang terluka atau sel yang memicu inflamasi

6. Dapat menginvasi ke segala arah. Sel sekitarnya bisa menjadi kanker jg / metastasis.

7. Memicu pertumbuhan pembuluh darah ke arah lokasi tumor.

8. Mutasi gen gen. Gen menjadi tidak stabil

9. Menolak sel bunuh dari/apoptosis. Pada keadaan normal,Seharusnya sel rusak itu melakukan proses bunuh diri.

10. Nutrisi dari luar bisa diregulasi untuk mendukung pertumbuhan tumor.

Penyebab kanker adalah karena terjadinya mutasi pada genetik sel. Bisa karena peradangan virus atau kuman lain, radikal bebas, Resisten insulin, Penurunan ATP, Kekurangan Oksigen, Low grade inflamasi karena gula tinggi, radiasi , paparan zat kimia dan lain lain. Gangguan tersebut menyebabkan kerusakan pada  mitokondria sel sehingga menyebabkan efek retrograde signaling dan menyebabkan kerusakan / mutasi pada DNA di inti sel .

Mutasi DNA ini menyebabkan stabilnya HIF 1a sehingga sel tersebut merubah metabolismenya menjadi metabolisme aerobik glikolisis terus menerus atau yang disebut efek Warburg. Yaitu metabolisme sel yang selalu menyediakan energinya melalui glikolisis yang hanya menghasilkan 2 ATP tanpa mau menruskan ke reaksi ke siklus asam sitrat dan oksidasi  fosforilasi. Hal ini dimaksudakan agar sel tersebut bisa membelokkan glukosa ke jalur biosintesis DNA / RNA, sintesi lemak untuk membran sel tumor an sistesis serin untuk protein tumor.

Hal tersebut terungkap Pada tahun 1924, Seorang ilmuwan bernama Otto Warburg menemukan bahwa tumor ini berkaitan dengan gula. Sel tumor sangat menyukai gula. Karena gula tersebut dijadikan sebagai substrat untuk beranak pinaknya tumor. Maka pada pemeriksaan Positron Emision Tomography (PET Scan) akan didapatkan pada lokasi tumor tampak menyala karena ada banyak gula disana. Pada PET Scan ini menggunakan substart gula yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan floor supaya tampak menyala. Substart tersebut namanya Fluoro Duo DeoxyGlucose ( FDG).

Pada sel yang normal, Metabolismenya adalah metabolisme glikolisis dilanjutkan dengan siklus kreb dan oksidasi fosforilasi dengan menggunakan oksigen sehingga menghasilkan 36 ATP. Sedangkan pada sel tumor hanya menggunakan glikolisis saja. Tidak mau melanjutkan ke jalur oksidasi fosforilasi. Mengapa begitu? Karena substrat pada glikolisis ini bisa dibelokkan ke jalur pembentukan makronutri untuk keperluan pembentukan sel sel tumor baru. Yaitu jalur pentos phospat pathway untuk pembentukan DNA RNA. Jalur Serine untuk pembentukan proteinnya. Dan jalur DHAP untuk menuju pembentukan lemak yang digunakan sebagai membran sel tumor tersebut.

Jadi kunci terjadinya proses beranak pinaknya tumor adalah karena banyak gula. Gula ini bisa berasal dari asupan gula dari luar ( makanan) atau karena gula dari glkoneogenesis ( Stres Sistem) atau gula yang berasal dari pemecahan lemak tubuh. Tetapi proses pengambilan dari lemak membutuhkan  glutamin ( ada di daging merah).

Maka cara untuk mencegah berkembangnya tumor adalah

1. Stop Gula Karbohidrat dan turunannya

2.Hindari daging Merah untuk mencegah glutamin

3. Hindari stress agar tidak terjadi gluoneogenesis berlebihan

4. Konsumsi teh hijau. Karena ada kandungan EGCG untuk mencegah rontoknya protein yang akan dijadikansebagai bahan pembuat tumor.

Ketika kita bisa menghentikan konsumsi gula karbohidrat maka otomatis proses pembelahan sel tumor pun akan terhambat. Sedangkan ganasnya sel tumor itu disebabkan karena cepatnya sel tumor tersebut membelah diri beranak pinak. Jika sel tumor sudah berhenti membelah diri ya berarti sudah aman tidak ganas lagi.

1 thought on “Kanker Sembuh Dengan Ketofastosis”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *